Mendidik Anak Sejak Dini #Parenting2


Bismillah
Karakter yg kita bangun pada anak-anak sejak kecil, akan terbawa pada diri mereka hingga dewasa. Kebiasaan-kebiasaan baik pada dirinya akan berpengaruh pada kehidupan dan lingkungan di sekitarnya kelak. Jangan pernah bangga pada diri, ketika di waktu kecil atau di jaman sekolah menjadi anak pembolos, tidak disiplin, suka menyontek, menunda-nunda tugas dari guru, dll. Karena itu bukan hal-hal yang patut dibanggakan.
Kebiasaan baik atau buruk akan terbawa sampai pada "dunia yang sebenarnya" yakni dunia pekerjaan. Orang-orang yang sejak kecil dididik untuk disiplin, tidak menunda-nunda pekerjaan, berlaku jujur, bertanggung jawab, tidak suka menyontek, akan menjadi seorang dokter yang bertanggung jawab, guru yang amanah, pegawai yang disiplin, pedagang yang jujur, dsb.

Maka, sebagai orang tua/guru hendaklah kita menanamkan hal-hal/pembiasaan-pembiasaan baik pada anak-anak kita semenjak dini.
Betapa banyak orangtua sibuk menjadikan anak mereka menjadi penghafal Al - Qur'an, orang yang pandai dalam agama, tapi luput memperhatikan pendidikan akhlak. Bukan berarti menjadi penghafal Al Qur'an itu tidak benar, atau menjadi seorang ustadz itu salah, tetapi didiklah anak-anak menjadi hafidz/Hafidzah yg mempunyai akhlak mulia, Seorang ustadz/ustadzah yang berakhlak mulia.
Jangan sampai mereka ketika dewasa orang mempunyai agama yang baik tapi tidak berakhlak.

Sungguh berat tugas kita. Tetapi, dari didikan tersebut kita mengharap pahala yang tiada putus-putusnya dari Allah azza wajalla.
Bagi yang belum menjadi orangtua, siapkan diri, bekal/ilmu, agar kita menjadi orangtua cerdas yang kelak melahirkan generasi terbaik bagi ummat ini.
Sekian.
***

Saya baru saja memposting tulisan yang cukup serius. Biasanya tulisan saya bertabur bunga, kelebayan, puisi, roman, kisah picisan, dan curhatan terselubung. Wkwk.
Semoga bermanfaat, ya, buat teman-teman sekalian.

Comments

Popular posts from this blog

(Bukan) Takdirku-Cerpen

ketika hidayah menyapa (cerpen)

Nikmat Sehat (Laa ba'sa Thohurun Insya Allah)