Definisi Kebahagiaan



Bahagia itu apa, sih?
Setiap orang selalu mencari hal yang satu ini. Dan kerap kali bertanya sendiri, apakah aku bahagia?
Banyak orang yang hampir memiliki semua sisi keduniawian. Mobil mewah, rumah bak istana, pasangan yang rupawan, anak-anak yang lucu, tapi tetap saja mencari tahu tentang kebahagiaan.

Sewaktu kecil, kebahagiaanku terletak pada waktu bermain dan bersama Ibu. Namun, ketika beranjak dewasa, tak ada lagi permainan dan Ibu sudah tak disini. Apakah aku kehilangan kebahagiaan? Ya. Beberapa waktu. Hingga aku dipertemukan definisi kebahagiaan yang baru. Yaitu hidayah.

Roda waktu berputar. Silih berganti ujian datang. Kian hari badan terkikis, airmata mengalir setiap saat. Apakah karenanya aku tak lagi bahagia? Tidak. Aku masih punya definisi kebahagiaan yang lain, yakni sabar.

Maka, sebuah keputusan membawaku kembali ke tempat yang dulu pernah kusinggahi. Kembali menjalani hari penuh perjuangan dan kesendirian. Tapi, tak henti kurapalkan di hati, bahwa Dia selalu bersamaku, dan ini kebahagiaan juga, ini adalah iman. (Istiqomah kan saya ya Robb, diatas agama-Mu yang Haq).
Dalam rentan waktu yang berjalan, ujian materi menjadi hal yang sering membuat seseorang menjadi frustasi. Tapi, jika saja mereka tahu, bahwa ada hal yang selalu membuat kita akan selalu merasa cukup, sedikit apa pun itu, ia adalah qona'ah, dan ini definisi kebahagiaanku menutup tulisan ini.

Selamat berbahagia untuk kalian dimana pun berada. Bahagiakan lah diri sendiri.

Makassar di tengah gerimis,
18 Nopember 2018

Comments

Popular posts from this blog

(Bukan) Takdirku-Cerpen

ketika hidayah menyapa (cerpen)

Nikmat Sehat (Laa ba'sa Thohurun Insya Allah)