Review Skincare Routine (untuk Kulit Sensitif)

 



Sebelum me-review produk yang aku pakai, aku mau ngingetin bahwa setiap kulit itu beda-beda kondisi dan kebutuhannya. Jadi, tidak mutlak apa yang aku pakai cocok sama yang lain.

1. Sabun Pencuci Muka
Dari jaman SMK aku pakainya Pond's acne solution facial foam. Produk pond's satu ini sudah berapa kali ganti casing, tapi aku tetap setia. *Eeaa. Aku pernah coba produk pencuci muka yang lain kayak Wardah, Hada Labo, some by mi snail truecica. Tapi nggak ada yang secocok Pond's acne solution facial foam. Pernah tuh sekali, nitip beli sama orang. Dan yang dibeliin malah scrubnya. Maklum sama-sama warna hijau. Pas dipake Muka jadi beruntusan. Huhu. Fiks. Wajahku memang super duper perfectionist sama satu produk saja. Nah, pernah kan heboh soal boikot-boikot produk. Bukan karena nggak care sama yang terjadi. Cuma memang susah nyari produk yang cocok di kulitku.

2. Cleansing
aku pakai Pixy cleansing express anti acne. Ini bagus banget untuk kulit sensitif kayak aku karena Alcohol free. Aku juga pernah pake Pixy cleansing express brightening. Itu juga bagus. Nggak ada efek beruntusan atau yang lain.

3. Toner
Untuk toner, aku belum punya produk yang bikin aku bucin. Sudah pernah coba produknya Wardah, some by mi miracle toner AHA BHA, dan yang aku pake sekarang some by mi toner snail truecica. Miracle toner AHA BHA lumayan bagus. Cuman masih mikir-mikir beli kalau kondisi kantong lagi tipis banget. Wkwk.

4. Cleansing oil
Aku pake minyak zaitun dari mustika ratu. Selain untuk pembersih, aku pake juga sebagai masker sebelum tidur. Produk ini cocok banget di kulit aku. Apalagi kalau kulit dalam kondisi kering. Efeknya bikin lembab dan wajah jadi kenyal. Bagus deh pokoknya. Jerawat juga biasanya jadi kering setelah pake ini. Bi'idznillah.

5. Serum
Aku sekarang pake the ordinary Niacinamide 10% + zinc 1%. Dan belum bisa aku nilai bagus atau nggak. Karena selama pakai ini, jerawatku masih bermunculan. Entah karena beberapa waktu ini sering bepergian jauh keluar daerah pake masker atau memang aku nggak cocok. Aku juga pernah pake serumnya some by mi snail truecica. Dan menurut aku ini bagus. Meski klaimnya bisa menyembuhkan bopeng belum ada pengaruhnya di wajahku. Hehe.

6. Pelembab
Aloe Vera gel dari Nature Republik. Produk yang paling bikin aku bucin. Nggak ada obat pokoknya, saking sukanya. Aku sudah pakai ini sekitaran 2 tahun lebih. Selain melembabkan, juga bikin kenyal, mengurangi kusam, dan mengempeskan jerawat. Aku pake ini kapan saja. Kadang buat alas make up atau masker sebelum tidur. Rasa dinginnya bikin efek menenangkan di wajah. Aku pernah coba pake ini pas tangan kena air panas, bi'idznillah kulitnya nggak jadi melepuh. Bisa juga dipake untuk bibir, rambut, atau kulit yang kering. Kalau cuman disuruh milih untuk pake satu skincare, fiks aku akan pilih  Aloe Vera nature republik. Hehe.

7. Sunscreen
Waktu pertama kali diracuni sunscreen sama teman yang jualan skincare, aku coba pake skin Aqua UV moisture milk yang katanya bagus banget. Dan banyak orang yang cocok. Tapi ternyata di aku nggak cocok. Wajahku jadi beruntusan pake ini. Akhirnya pindah ke Loreal Paris UV perfect. Dan Alhamdulillah cocok. Namun, belakangan tahu dari teman, produk Emina jauh lebih murah. Akhirnya pindah ke lain hati. Wkwk. Sampai sekarang masih pakai Emina sun protection. Produknya cakep. Mudah menyerap di kulit dan nggak meninggalkan white cast di kulit.

8. Masker
Sampai sekarang aku masih cinta sama produk daerahku sendiri. Yaitu bedak lotong (sudah pernah aku review di blog ini juga). Selain mengangkat sel kulit mati dan komedo, efeknya bikin kulit jadi super lembut, lembab, dan cerah. Karena sekarang sudah malas buat sendiri, jadi pakai produknya orang lain. Hehe. Sekarang sudah banyak kok yang dijual. Selain bedak lotong, aku juga pernah pakai masker dari Nature Republik, mask powder (merk-nya lupa), dan sleeping mask dari Viva. Sleeping mask punya Viva ini juga bagus. Melembabkan kulit dan ada sensasi rasa dingin di kulit. Meski jarang aku pakai, produk ini tetap kurekomendasikan untuk kalian.

Selamat mencoba ya, girls. Jangan takut untuk mencoba produk skincare selagi halal dan aman (BPOM asli tidak mengandung bahan yang berbahaya). Karena kita nggak bakal tahu mana yang cocok kalau belum mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

(Bukan) Takdirku-Cerpen

ketika hidayah menyapa (cerpen)

Tentang Buku "Berdamai dengan Takdir"